Skip to main content

Inilah Cara Termudah Memakmurkan Masjid



Seringkali kita lihat masjid besar yang tampak sepi bahkan juga hampir setiap masuk waktu sholat cuma sebagian orang saja yang tampak masuk ke masjid serta lakukan beribadah wajibnya disana. Sesudah tuntas, jadi masjid akan tampak sepi kembali.

Hubungan Antara Kemakmuran Masjid Dengan Masyarakat




Dalam catatan riwayat Islam mengutarakan jika saat Rasulullah lakukan pindah ke Madinah, yang pertama-tama sesampainya disana ialah bangun satu masjid. Sunnah Rosul ini sudah memberi contoh pada kaum muslim jika untuk bangun satu peradaban yang maju dalam keislaman yang mulia ialah memulainya dengan membangun masjid. Bila masjid telah ada jadi langkah setelah itu memakmurkannya.

Akan tetapi, menilik keadaan penduduk Islam di ibukota yang saat ini rata-rata sudah repot dengan kegiatan duniawi mereka semasing, sering kita didapati masyarakatnya yang sudah lupa bahkan juga jauh dari nilai Islam tersebut. Walau sebenarnya sebenarnya, penilaian akan keadaan keimanan satu golongan penduduk muslim tampak dari keadaan masjidnya.

Makin makmur keadaan satu masjid, akan tampak makin tinggi juga kualitas iman penduduk di sekelilingnya. Akan tetapi, bila masjid sepi, pasti ikut tampak bagaimana keadaan masyarakatnya. Berikut yang disebut dengan korelasi pada masjid dengan penduduk.

Walau ungkapan itu tidak seratus % benar ditambah bangun penduduk dengan Islami tidak gampang, akan tetapi dengan bertolak pada masjid menjadi indikatornya, jadi sekurang-kurangnya ada usaha untuk bangun keislaman penduduk lewat kemakmuran masjid.

Cara Mengajak Masyarakat Agar Tertarik Menuju Masjid


Ada ungkapan di zaman serba moderen ini yang dimaksud dengan marketing masjid. Lho, apakah hubungan?

Untuk mengundang ketertarikan penduduk supaya hadir ke masjid dibutuhkan taktik tepat yang cukuplah mengena dengan cara langsung ke lubuk hati beberapa orang. Serta sebab ini ialah masalah akhlak hati jadi langkah pas serta efektif yaitu dengan mengarah pada hati juga. Nah, usaha mendekatkan masjid pada penduduk seputar berikut yang dimaksud memarketingkan masjid.

Ada dua point besar dalam marketing masjid yang butuh dikerjakan sekurang-kurangnya oleh beberapa orang yang memahami benar dengan ketetapan serta syariatnya, yakni :

  • Nada Adzan


Untuk mengangkat pemikiran yang menjelaskan penduduk lebih suka ke masjid sebab bangunannya besar serta megah, jadi ada pemikiran lainnya yang lebih terpenting untuk dibenahi, yakni alunan adzan yang lantang akan tetapi merdu nan lembut.

  • Nada Imam Masjid


Jika dalam satu masjid mempunyai imam sholat yang suaranya syahdu serta nyaman, umumnya jamaahnya tentu banyak. Janganlah disangkal jika seseorang imam masjid sebenarnya ialah pimpinan delegasi. Pekerjaannya sangat mulia sebab memprosesi ritual sakral pertemuan pada umat dengan Allah, jadi mesti benar-benar orang yang bacaannya bagus serta memahami dengan keadaan makmumnya.

Jika ditarik benang merahnya, jadi jelas sekali hubungan jika memarketingkan masjid tidak dengan bangunan yang megah, tetapi dengan bangun ketertarikan penduduk supaya ingin hadir ke masjid serta memakmurkannya dengan penuhi masjid dalam pekerjaan keagamaan yang sakral serta indah. Serta bentuk “menjual” daya pikat masjid yaitu dengan melantangkan alunan adzan yang merdu serta imam masjid yang bacaannya bagus.

Amalan Terkait Memakmurkan Masjid


Pengharapan selanjutnya sesudah masjid mempunyai banyak jamaah serta penduduk seputar suka hadir serta berkegiatan keislaman dalam masjid, jadi step memakmurkan masjid ialah point terpenting setelah itu.

  • Sholat berjamaah


Sholat berjamaah ialah sunnah yang begitu diutamakan oleh Rasulullah supaya kaum muslim selalu lakukan sholat dengan berjamaah di masjid. Sebab sholat berjamaah ialah alat pemersatu umat, pemersatu hati, serta penyambung tali bersilahturahmi. Makin banyak jamaah dalam sholat masjid, jadi kemakmuran masjid akan selalu ditingkatkan serta dijaga,

  • Al Quran


Tempatkan masjid dalam ruh Al Quran ialah point penting dalam memakmurkan masjid. Jika masjid dihidupkan dengan pekerjaan Al Quran berbentuk halaqoh analisis Al Quran, Tadarus, Tahsin, Tahfidz, Tasmi’, dan lain-lain, jadi masjid akan terlihat begitu hidup serta makmur terdapatnya.

  • Infak


Serta berikut bentuk kemakmuran dengan dunia yang memang tidak dapat dielakkan. Infak masjid ialah bentuk riil penduduk dalam menyejahterakan masjid.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menjadi Hamba yang Bersyukur

Allah SWT memberi nikmat pada manusia begitu tidak terkira banyaknya. Nikmat itu tidak cuma berbentuk materi, banyak kesenangan yang selayaknya begitu kita syukuri. Nikmat kesehatan yang tidak terbeli, bersukur Allah masih tetap memberi kita nikmat masih tetap hidup dunia. Berarti, Allah SWT masih tetap memberi kemurahan hati-Nya pada kita supaya kita selalu melakukan perbaikan diri mempersiapkan kematian yang tidak tersangka datangnya. Bagaimana Cara Bersyukur Kepada Allah ? Allah SWT berfirman dalam Al-Quran yang memiliki kandungan arti, bila manusia selalu bersukur atas nikmat yang Allah beri pasti Allah akan meningkatkan nikmat-Nya. Demikian sebaliknya, bila manusia kufur akan nikmat jadi Allah akan memberi azab yang pedih kepada-Nya. Makna ayat Al-Quran itu menyatakan pada kita jika kia selalu harus bersukur atas apakah yang dikasihkan Allah pada kita. Bahkan juga di balik satu bencana juga ada hikmah yang perlu kita syukuri. Ada cara-cara untuk mensyukuri nikmat Allah. Langkah me

Inilah Kekeliruan yang Sering Dikerjakan Saat Mengerjakan

Serta dalam Kitab Al Mudawwanah 1:156 sudah diceritakan mengenai nasehat seseorang teman dekat Nabi bernama Umar bin Khatab r.a pada beberapa gubernurnya yang ada dibawah kekuasaan khilafah beliau, “Bahwa sebenarnya masalah yang penting buat umatKu ialah sholat. Siapa saja mengawasi sholatnya jadi terjagalah agamanya. Siapa yang meremehkan sholat, jadi dia juga sudah meremehkan masalah yang lain. Tidak ada tempat dalam Islam buat orang-orang yang sudah tinggalkan sholat”. Keutamaan Mengerjakan Sholat Sholat ialah Rukun Islam ke-2 sesudah umat Islam mengatakan dua kalimat syahadat. Rasulullah bersabda jika Islam dibangun atas lima masalah yakni bersaksi jika tidak ada Tuhan tetapi Allah SWT, jika Nabi Muhammad ialah utusan Allah, kerjakan serta membangun sholat, berpuasa di bulan Ramadhan, berzakat, serta pergi haji ke Baitullah bila dapat (Hadist Kisah Bukhari serta Muslim). Sholat ialah tiangnya agama. “Sholat adalah tiang agama”, demikianlah sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadist